mutasi warna pada merpati lokal jenis wulung



Merpati wulung merupakan salah satu jenis merpati local yang saat ini mulai dikembangkan ulang dan di breeding para pemerhati merpati local/endemic Indonesia, yang sebelumnya keberadaanya kurang diperhatikan dan hanya menjadi merpati rumahan saja.

merpati wulung indukan, siap breeding-pawiro bird farm

merpati lokal jenis wulung-pawiro bird farm

Merpati wulung diambil atau dinamakan sesuai corak warna/markingnya yang menyerupai elang bondol atau orang jawa menyebutnya WULUNG, dengan kepala sampai leher berwarna putih sedangkan seluruh badannya berwarna coklat, dan penamaan merpati wulung ini sudah disepakati menjadi nama nasional oleh komunitas pemerhati dan pelestari merpati local Indonesia yaitu group FB IEPC Indonesian endemic pigeon community.

merpati lokal indonesia jenis wulung

Sedikitnya saat ini terdata dua (2) jenis warna pada jenis merpati local wulung, selain merah/coklat ada warna hitam, tetapi untuk jenis yang warna hitam sedikit lebih langka dibanding jenis yang coklat. Dan tidak menutup kemungkinan akan muncul mutasi warna lain selain dua jenis tadi.

Jenis merpati local jenis wulung ini tidak seperti merpati merpati lain, yang corak warna atau markingnya langsung kelihatan sejak masih piyik, tapi jenis wulung ini mengalami perubahan dan pergantian bulu sehingga warna dileher keatas sampai kepala yang tadinya berwarna coklat akan berubah menjadi putih seiring dengan pergantian bulu pada merpati dan semakin tua semakin sempurna markingnya. 

Pereode pergantian bulu dan perkiraan umur pada merpati wulung, dilihat dari mutasi warna pada tubuhnya.

1, merpati umur 1 bulan s/d 2 bulan, merpati wulung masih berwarna coklat seluruh tubuhnya, beberapa ekor mungkin juga sudah mulai mutasi sedikit ada bercak putih di sekitar leher dan kepalanya, bahkan ada yang sudah sejak awal/lahir merpati wulung sudah mulai putih disekitar kepalanya, hal ini menandakan kualiatas bagus pada indukannya.
anakan merpati wulung masih berwarna coklat-pawiro bird farm

anakan merpati wulung-pawiro bird farm

2, merpati umur 2 bulan  s/d 4 bulan, merpati wulung sudah mulai berganti warna putih pada bulu bulu disekitar kepala dan lehernya, untuk merpati wulung yang sudah dari lahir berkepala putih di usia 4bulan biasanya perubahan warnanya sudah mulai kelihatan bagus.
merpati wulung sudah mulai berganti warna-pawiro bird farm

3, merpati umur 4 bulan s/d 6 bulan, merpati wulung sudah hampir sempurna perubahan warnanya, dan merpati sudah mulai memasuki masa birahi, dalam prakteknya beberapa merpati wulung yang diumbar bebas, walau belum mengalami perubahan warna secara total tapi sudah bisa produksi atau berkembangbiak secara alami.
pergantian warna pada merpati wulung-pawiro bird farm

4, merpati umur diatas 1tahun biasanya sudah berubah sempurna dari leher sampai kepala berwarna putih bersih.
merpati wulung umur 1tahun keatas, pergantian warnanya sudah kelihatan sempurna

Masyarakat jawa timur biasa melakukan pencabutan bulu leher dan kepala pada merpati wulung untuk mempercepat pergantian bulunya, dan setiap kali muncul warna coklat/hitam akan dicabut ulang, begitu terus menerus sampai bulu di leher dan kepala berubah warna menjadi putih bersih.  




alamat farm: 
KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati, finch, dove keseluruh  indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus




mutasi warna pada merpati lokal jenis wulung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

1 comment:

Post a Comment