jenis jenis merpati hias ekor kipas



Jenis jenis merpati hias ekor kipas - Perkembangan merpati hias di indonesia semakin semarak belakangan ini, tahun tahun ini semakin menunjukan kemajuan yang luar biasa, ditandai dengan semakin semaraknya kontes merpati hias dan semakin banyaknya variant/jenis jenis baru yang mulai di import ke indonesia. Berikut beberapa jenis merpati hias ekor kipas yang sudah ada di indonesia, dan tentunya juga bisa di inden/dipesan ke pawirobirdfarm telp (sms/whatsapp):  +628122752987 atau silahkan klik disini

1, merpati indian fantail

Merpati ini merupakan merpati hias yang paling banyak dikenal dikalangan masyarakat umum, awalnya jenis merpati kipas ini diketemukan di india, tahun 1926 sebuah kebun binatang di san diego California mengimport beberapa jenis reptile dari india, karena perjalanan yang cukup jauh maka expedisi itu membawa cadangan pakan buat reptile reptilnya yang berupa merpati, setelah sampai pada kebun binatang yang dituju ternyata sisa pakan berupa merpati tadi masih hidup 2 ekor, petugas kebun binatang merasa takjub karena belum pernah melihat jenis merpati seperti itu sebelumnya, maka dari 2 ekor tadi dikembangbiakan secara selektif breeding sehingga menyebar keseluruh penjuru dunia. Dan nama merpati india ini tetap melekat dan mengacu pada asal muasalnya jenis merpati ini berasa, yaitu indian fantail, dan hingga sampai saat ini masih digunakan untuk penyebutannya.

merpati indian fantail koleksi pawirobirdfarm


merpati indian fantail marking sadle

merpati  indian fantail marking sadle

Merpati hias jenis kipas indian fantail berciri ekor mengembang besar, berjambul lancip dikepala, dan kakinya berbulu lebat/bersimbar. Didalam kontes merpati hias untuk jenis merpati kipas Indian fantail yang pointnya bagus adalah yang proporsional atau seimbang antara bodi, ekor, kaki, dan keseluruhan tubuhnya, ekornya mengembang lebar/sempurna, bukan yang ekornya corong kebelakang atau yang ekornya terlalu maju,   kepala juga tegak lurus keatas kalau ditarik garis lurus paruh jatuh pada jari depan merpati, simbar lebat/bulu kaki lebat, bodi besar, bukan yang kepalanya yang nyelam kebelakang/ditarik kebelakang sampai menyentuh ekor, dan bahkan yang kepala gethar itu malah diskualifikasi kalau bener bener mengacu pada point point criteria kontes tersebut diatas. Silahkan lihat “kriteria penilaian kontesmerpati hias indian fantail” 


2, merpati american fantail

Merpati hias jenis american fantail seperti halnya jenis jenis merpati hias lainnya yang dikembangkan melalui teknik selektif breeding, merpati ini di tidak jauh berbeda dengan indian fantail yang berasal dari india berciri khas pada ekor yang mengembang, dan dikembangkan lagi di america dengan spesifikasi yang berbeda dari standart indian fantail.

merpati american fantail marking sadle

Merpati hias jenis kipas american fantail ini termasuk dalam kelompok jenis merpati kipas/fantail, selain  ekornya yang mengembang posisi kepala juga nyelam/tarik kebelakang dan terposisikan enak diatas pinggang burung. Dada membusung kedepan selaras dengan tiga jari kaki didepan. Beda dengan indian fantail yang ujung jarinya selaras/segaris vertikal dengan paruh burungnya. Didalam kontes bila didapati nilai (point score) yang sama untuk menentukan siapa juaranya adalah dengan menimbang mana yang lebih ringan dialah pemenangnya beda dengan penilaian indian fantail, untuk penilain merpati indian fantail bila didapati score yang sama maka dicari burung yang lebih berat.


3, merpati english fantail

Merpati hias jenis english fantail ini juga tidak jauh berbeda dengan merpati kipas lainnya, atau lebih mirip lagi dengan american fantail karena sama sama nyelam dan kaki tidak berbulu, merpati ini juga asalmuasalnya dari jenis indian fantail yang dikembangkan secara selektif breeding.
Merpati english fantail selain ekor lebih besar , bodi lebih bulat dan kaki lebih pendek, Pada bulu bulu sekitaran paha burung terlihat bulu bulu yang lebih tebal, hingga menjadikannya burung yang anggun dan menawan.

merpati english fantail koleksi pawirobirdfarm


merpati english fantail

anakan merpati english fantail siap dipasarkan

sample anakan merpati english fantail

merpati english fantail dipeternakan pawirobirdfarm

indukan merpati english fantail

merpati english fantail umur satu bulan


4, merpati mini indian fantail atau mindian fantail

Merpati  mini indian fantail atau biasa disebut minidian fantail sengaja dikembangkan dari jenis indian fantail yang berbentuk kecil atau mini, hal ini dikarenakan bentuk indian fantail dianggap terlalu besar dan orang orang disekitaran pantai barat arizona menginginkan miniatur dari bentuk aslinya itu. Dari bobot sebelumnya yang sekitaran 18 s/d 22 ons menjadi dibawah 12 ons, jadi sekitar separuh dari bentuk aslinya.
Dari sinilah merpati minidian fantail berkembang, dan pada tahun 2012 resmi menjadi bagian dari organisai merpati hias internasional NPA (national pigeon asosiation), sedangkan kriteria penilaian kontesnya mengacu pada point point  indian fantail.

foto perbedaan merpati indian fantail dengan merpati mindian fantail


merpati mini indian fantail/mindian fantail dibandingkan dengan merpati indian fantail


Sekedar catatan di indonesia jenis ini kurang diminati, jadi untuk jenis ini belum ada importir yang membawa masuk ke dalam negeri, atau mungkin peternak di indonesia bisa menghasilkannya sendiri dengan materi yang sudah ada? Selamat mencoba.


5, merpati volga tumbler atau russian volga

Merpati ini sekilas mirip mirip merpati jenis kipas/fantail lainnya, namun merpati hias volga tumbler merupakan jenis sendiri dari ke empat merpati kipas diatas, merpati ini berasal dari rusia dan biasa disebut rusian volga atau merpati dari rusia.
Dengan postur sedang, kepala ada yang berjambul ada yang polos, ber motif putih dibawah paruhnya, sedangkan paruhnya berukuran kecil/pendek, sayap menjuntai kebawah. Merpati  volga tumbler  ini termasuk merpati hias yang berbodi/berbadan sedang, ekor terangkat keatas, kaki pendek dan bersimbar.  Dan motif moon spot/pola renda putih pada ekornya mejadi salah satu dari keindahan jenis merpati ini.
merpati rusian volga koleksi pawiro bird farm
volga tumbler dipeternakan pawiro bird farm
yellow volga tumbler koleksi pawiro bird farm

6, merpati indian fantasy

Merpati indian fantasy merupakan perpaduan merpati jenis indian fantail dengan merpati jenis jacobin, merpati ini telah melalui serangkain selektif breeding yang panjang, hingga menghasilkan/tampak menjadi merpati indah seperti yang sekarang kita lihat, dikembangbiakan di amerika serikat sejak abab ke-19, merpati indian fantasy dikembangkan semata mata untuk tujuan fancy/hias, dan peruntukannya untuk kontes pada show merpati hias.

foto merpati indian fantasy

Merpati indian fantasy mempunyai cirikas pada kepalanya yang bermantel seperti jacobin namun ekor dan simbar kakinya tidak meninggalkan cirikasnya sebagai merpati fantail yaitu ekornya yang tertarik keatas dan kakinya yang ber simbar (muff), sedangkan sayapnya menjuntai dibawah ekor.



alamat farm: 
KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati, finch, dove keseluruh  indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus



jenis jenis merpati hias ekor kipas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

1 comment:

Post a Comment