jenis jenis merpati pos atau homer pigeon



Racing pigeon atau homer pigeon di Indonesia lebih dikenal sebagai merpati pos, merpati homer ini mempunyai daya pulang atau homing yang kuat, dimana dia dilahirkan/dibesarkan dia akan berusaha pulang ketempat asalnya itu, sehingga pemilihan bibit merpati yang berdaya ingat kuat istilahnya cerdas yang akan cenderung dikembangkan, disamping itu juga para peternak berlomba-lomba menciptakan merpati pos yang cepat pulang/terbang cepat dan cerdas.  dalam sejarah merpati pos tercatat sudah berkiprah  5000 tahun yang lalu.

Istilah penggunaan nama merpati pos karena awal mulanya jenis merpati ini digunakan sebagai pengantar surat, dengan cara diselipkan/diikat pada tubuh/kaki merpati,  bahkan pada perang dunia kesatu dan kedua peran merpati pos ini sangat vital, sebagai pengirim berita dan komando.



Berikut beberapa jenis merpati yang termasuk dalam jenis-jenis merpati pos, namun dalam perkembangnya beberapa merpati pos tadi ada yang terus dikembangkan sebagai merpati lomba balap/racing pigeon dan lomba merpati hias/fancy pigeon, bahkan ada yang sengaja dikembangkan sebagai merpati utility/pedaging.

1, modern racing pigeon

sang legenda 860

merpati pos koleksi pawiro bird farm
Modern racing pigeon atau racing pigeon kita mengenalnya dengan sebutan merpati pos, Jenis ini termasuk yang terus digunakan dan dikembangkan sebagai merpati lomba balap, bentuk perlombaan dimerpati pos bisa menggunakan kandang bersama, bisa juga antar kandang. Perkembangan merpati pos di Indonesia akhir ahkir ini sangat pesat, beberapa klub besar juga rutin mengadakan perlombaan merpati pos ditiap tahunnya, bahkan mulai tahun 2015 ini KANAS/kadang nasional dibawah organisasi POMPSI/ Persatuan Olah Raga Merpati Pos Seluruh Indonesia mulai mengadakan dua kali perlombaan besar tingkat nasional, yang dulunya hanya melaksanakan sekali saja.


2, german beauty homer pigeon
german beauty homer koleksi pawiro bird farm

german beauty homer di pawiro bird farm

german beauty homer koleksi pawiro bird farm

Merpati German beauty homer mulai dikembangkan sekitar seratus tahun yang lalu dengan cara selektif breeding, merpati german beauty homer termasuk merpati hias, dan peternak melakukan budidaya untuk digunakan sebagai kontestan di lomba merpati hias. Begitu juga di indonesai perkembangan budidaya german beauty homer juga mengarah ke kontes

3, English carrier pigeon

english carrier koleksi pawiro bird farm

english carrier koleksi pawiro bird farm
Merpati English carrier dikembangkan selama bertahun-tahun lamanya dengan cara selektif breeding, merpati ini termasuk merpati pos yang tertua dan dahulu kalanya juga pernah digunakan sebagai pengirim surat, jenis ini bukan termasuk modern racing pigeon yang digunakan pada lomba merpati pos saat ini, akan tetapi modern racing pigeon (merpati pos modern) dibudidayakan dari keturunan English carrier dengan persilangan beberapa jenis merpati berbeda.

Pada abab ke 19 di ingris perkembangan merpati English carrier mengalami puncak kesempurnaan bentuk, dengan bentuk tubuh yang panjang dan ramping, leher panjang, pial hidung mekar besar dan simetris, ditambah kelopak mata juga besar seperti bentuk kacamata

4, Dragoon pigeon

dragoon pigeon foto dari google

dragoon pigeon foto dari google
Dragoon pigeon juga dikembangkan bertahun tahun lamanya dengan cara selektif breeding hingga terbentuk seperti sekarang ini. Merpati ini sekarang berfungsi sebagai merpati hias atau fancy pigeon, merpati ini juga tercatat sebagai nenek moyang merpati pos yang ada saat ini (modern racing pigeon)

5, American show racer pigeon
 
american show racer foto dari google

american show racer foto dari google

American show racer pigeon dikembang biakan dari persilangan merpati domestic dan racing pigeon terbaik (merpati pos terbaik) dengan cara selektif breeding, pada tahun 1952 resmi berdiri American Show Pen Racer Club di des moines, lowa. dan tahun tahun berlalu kata pen di hilangkan menjadi American Show Racer Association (ASRA). Sedangkan standart American show racer di update pada tahun 2000.


6, Beauty homer de liege pigeon 

beauty homer de liege foto dari google
Merpati Beauty homer de liege asal negara belgia, awal mula dikembangkan sebagai merpati pedaging, jenis ini kurang populair di Indonesia.

7, belgian beuty homer pigeon

belgian beauty homer foto dari google
Merpati belgian beuty homer juga terkenal dengan sebutan Belgian exhibition homer berasal negara belgia dan termasuk merpati pedaging.


8, Dutch Beauty Homer pigeon

dutch beauty homer foto dari google
Merpati Dutch Beauty Homer asal negara belanda, juga termasuk merpati hias walau pada perang dunia kedua, merpati ini sangat terkenal sebagai merpati pengirim pesan, dan dalam perkembangannya merpati merpati dutch beauty homer dikumpulkan untuk dinilai kecantikannya dan keindahannya pada kontes merpati hias/menjadi fancy pigeon.

9, Exhibition Homer pigeon

exhibition homer foto dari google
Merpati Exhibition Homer asal negara inggris ini mempunyai pial hidung mendekati ujung paruh didepan, masuk dalam kategori merpati hias, dan pengembangbiakannya juga mengarah ke show atau kontes merpati hias/ fancy pigeon.

10, Genuine Homer pigeon

genuine homer foto dari google
Merpati Genuine Homer merpati ini berasal dar negara inggris, sama dengan jenis jenis lainnya merpati genuine homer ini dikembangkan dengan cara selektif breeding.

11, hungarian giant homer pigeon

hungarian giant homer foto dari google
Merpati hungarian giant homer, merpati ini berasal dari hungaria, ciri utama pada merpati ini pada bulu kaki yang lebat, jadi jarang dikembangkan untuk keperluan lomba balap merpati, tapi tetap terus dikembangkan sebagai kontestan pada lomba merpati hias

12, american giant homer pigeon

american giant homer foto dari google
Merpati american giant homer masih termasuk dalam jenis jenis merpati pos atau homer, walau dalam perkembangannya mengarah ke fancy pigeon.

13, Saddle Homer pigeon

saddle homer foto dari google

warna warna pada merpati saddle homer, foto dari google

gambar merpati saddle homer
Merpati Saddle Homer atau dikenal juga Saddleback Homer atau Flying Saddle Homers berasal dari America. Merpati ini seperti merpati pos lainnya yang bagus sebagai merpati pengasuh namun jenis ini kemampuan jelajah dan insting kecerdasan masih kalah dengan racing pigeon/merpati pos.

14, scandaroon pigeon 
 
scandaroon pigeon foto google

scandaroon pigeon

merpati scandaroon sama dengan jenis jenis merpati hias lainnya yang awal mula dikembangkang dengan sistem selektif breeding, merpati scandaroon juga sama tuanya dengan jenis sekerabatnya yaitu english carrier, sama sama mempunyai kelebihan dalam hal homing tapi tetap tidak sebagus racing pigeon/merpati pos.




 alamat pawiro bird farm 

KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati se indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus




jenis jenis merpati pos atau homer pigeon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

No comments:

Post a Comment