budidaya emprit jepang



Emprit jepang atau Lonchurastriata domestica merupakan burung finch yang terkenal mudah dibudidayakan, burung ini awal mula masuk keindonesia berbarengan dengan jenis jenis finch lainnya. Untuk jenis emprit jepang ini memiliki motif dan warna yang menarik, dari hitam, putih, kuning, blorok/spangle, sadle, sadle back, dan lain lain.  bahkan sekarang muncul variant emprit jepang jambul. Emprit jepang juga terkenal mudah beradaptasi dan bisa di kawin silangkan asal masih sesama jenis munia. Beberapa teman peternak juga melakukan persilangan emprit jepang dengan emprit local, yang nanti diharapkan bisa muncul bentuk dan warna warna baru. 

emprit jepang jambul koleksi pawiro bird farm


peternakan aneka jenis finch di pawiro bird farm

warna warna emprit jepang-pawiro bird farm

Emprit jepang juga tergolong sangat gemati dalam mengasuh anakan, karakter angremnya yang tenang biasa digunakan untuk babuan/foster burung lain sesama finch, ditempat penulis burung emprit jepang ini biasa digunakan sebagai foster burung goald amadine dan burung sanger, dengan cara memindah telor burung jenis lain tadi kesarang burung emprit jepang, bahkan burung emprit jepang yang sudah terlatih atau sudah dikondisikan sebagai babuan tidak mesti harus sama sama pas mengeram, cukup pindahkan saja telor burung lain pada sarang emprit jepang secara naluri emprit jepang akan mengeram, penulis juga mempunyai beberapa pasangan emprit jepang jantan vs jantan yang berfungsi sebagai babuan, untuk pasangan emprit jepang jantan vs jantan sebetulnya kualitas mengasuh dan mengeram sama bagusnya dengan model babuan yang menggunakan emrpit jepang pasangan jantan vs betina.
anakan gould amadine asuhan emprit jepang di pawiro bird farm

Sexing pada emprit jepang bisa dilihat pada tingkah lakunya dan suara ocehananya, jantan terlihat sering ngoceh/berkicau sambil bulu diatas kepala diberdirikan dengan mengeluarkan suara panjang panjang, sedang betina tetap bersuara tapi cenderung pendek pendek.

Burung emprit jepang ini juga memiliki potensi untuk dikembangbiakan secara masal, mengingat fungsinya bisa buat foster/babuan pada burung jenis lain, dan juga serapan pasar sebagai burung hias yang lucu. Pantauan dipasar pasar burung seputaran Jogjakarta, solo, klaten, magelang, muntilan, semarang, ditambah pengalaman penulis (ketika melayani orderan luar kota/pulau)  orderan permintaan burung emprit jepang ini juga tinggi. 
indukan emprit jepang beserta anak anaknya di pawiro bird farm
emprit jepang jambul di pawiro bird farm
model peternakan emprit jepang dan aneka jenis finch



 alamat pawiro bird farm 

KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati se indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus






budidaya emprit jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

No comments:

Post a Comment