10 jenis finch yang paling sering dicari



Burung pipit atau finch alias emprit di Indonesia dikenal hanya sebagai hama tanaman, namun dengan perkembangan zaman, akhir akhir ini hobi budidaya atau menangkarkan burung finch juga mulai berkembang di Indonesia seiring dengan masuknya jenis-jenis finch dari mancanegara.
gould amadine biru

anakan gould amadine hasil breeding pawiro bird farm

sample gould amadine warna silver

gould amadine biru koleksi pawiro bird farm

bondol hiaju atau pintail parrot finch koleksi pawiro bird farm

Jenis-jenis burung finch tadi juga menjadi trend dikalangan penghobinya, ditambah dengan perawatan yang mudah, tidak banyak menyita tempat, tentunya menjadi ladang bisnis diantara para breedernya atau para importir dan pedagang perlengkapannya.

Keunggungalan Burung finch  selain warna-warnanya yang indah, burung ini juga mudah ditangkarkan dan biaya operasional yang murah, ditambah pasar dan permintaan burung jenis jenis finch tetap tinggi. Menjadikan hobi burung finch semarak dan mulai mendapatkan tempat dihati penghobinya.

Berikut beberapa jenis burung finch yang paling sering dicari, 1.gould amadine, 2.zebra finch, 
3.bengkalis / emprit jepang, 4.gelathik, 5.pintail parrot finch / gelatik madrim,  6.pinstat, 7.star finch, 8.strowberry finch, 9.Cut-throat finch, 10.owl finch.

1.gould amadine / Erythrura gouldiae 
gould amadine biru koleksi pawiro bird farm
gould amadine kuning koleksi pawiro bird farm
gould amadine kuning
burung gould amadine jantan dan betina bersama sama membangun sarang
gould amadine hijau dada putih koleksi pawiro bird farm
anakan gould amadine umur 30 hari sudah belajar mandiri
anakan gould amadine hasil breeding pawiro bird farm
Burung ini paling terkenal diantara jenis jenis finch lainnya, paling rupawan dan indah. sehingga banyak yang menyebutnya pipit tercantik didunia, burung ini mulai berkembang biak setelah umur 6bulan. jantan dan betina bersama sama menyusun sarang, dan ketika betina bertelor, cara mengerami juga salang bergantian jantan betina, jumlah telornya 4 s/d 8 butir, masa inkubasi 14hari,  piyikan mulai mandiri dan siap dipisah umur 45hari, extra fooding atau pakan tambahan buat anakan gould amadine bisa diberikan jagung muda, telor rebus, dan roti tawar.

2.zebra finch / Taeniopygia guttata
zebra finch koleksi pawiro bird farm
zebra finch betina umur 5bulan siap dijodohkan
zebra finch jantan umur 5bulan siap dijodohkan
zebra finch dalam penjodohan koleksi pawiro bird farm
zebra finch jantan dan betina bersama sama mengasuh anakan
 
Burung zebra finch, burung bermotif belang belang didadanya mirip kuda zebra ini menempati urutan kedua paling banyak dicari, burung zebra finch ini tidak hanya dominasi burung dari import, burung zebra finch yang asli Indonesia juga ada berasal dari pulau timor, ciri fisik burung zebra finch timor berbodi kecil dan panjang. Namun yang sering beredar dipasaran jenis dari australia dan Holland. Umur matang kelamin anakan zebra finch setelah berumur diatas 5bulan, jantan dan betina bersama-sama menyusun sarang dan jantan juga ikut mengerami sampai ikut mengasuh anakannya. Jumlah telor  4 s/d 10 butir, masa inkubasi 14 hari, piyikan mulai bisa makan mulai umur 1bulan, tapi bisa dipisahkan dari indukan setelah umur 45 hari, extra fooding/pakan tambahan buat anakan zebra finch bisa diberikan jagung muda, telor rebus, maupun roti tawar.

3.bengkalis / emprit jepang / Lonchura striata domestica
emje jambul lebih sering diburu kolektor
bengkalis atau emprit jepang hasil breeding pawiro bird farm
emprit jepang koleksi pawiro bird farm
emprit jepang putih jambul hasil breeding pawiro bird farm
 
Emprit jepang atau biasa disebut emje, burung yang paling mudah ditangkarkan diantara jenis-jenis finch lainya,  jantan dan betina bersama sama membangun sarang dan mengasuh anakannya, jumlah telor 4 s/d 10 butir, masa inkubasi 12 hari, piyikan mulai bisa makan mulai umur 1bulan. Usia matang kelamin umur 3bulan. extra fooding/pakan tambahan buat anakan emje bisa diberikan jagung muda, telor rebus, maupun roti tawar.  jenis finch yang satu ini punya karakter gemati dalam mengasuh anak, banyak peternak burung black throat dan sanger memanfaatkannya sebagai foster/induk asuh. Caranya dengan memindahkan telor burung lain ke sarang emje, kadang tidak perlu menunggu emje tersebut harus sama sama pas mengeram juga, biasanya burung emje begitu sarangnya ada telor secara naluri langsung mengeram, bahkan beberapa emje dipasangkan jantan dan jantan juga mau mengasuh anakan burung lain sampai dewasa. 

4.gelathik jawa / java sparrow / Lonchura oryzivora
gelatik cokelat

burung gelatik cokelat dan putih
anakan gelatik putih hasil breeding pawiro bird farm
 
Gelathik jawa juga sering disebut gelathik belong, setelah dibreeding secara serius yang awal mulanya berwarna dasar abu abu, kini muncul mutasi warna beraneka macam, seperti cokelat, putih, blorok, dan silver.
Burung gelathik ini bertelor 4 s/d 8 butir, masa inkubasi 18hari, anakan gelathik mulai belajar mandiri umur 30hari, tapi sebaiknya dipisah dari induknya minimal umur 45hari. extra fooding buat anakan gelathik bisa diberikan jagung muda, telor rebus, maupun roti tawar.
5.pintail parrot finch / gelatik madrim / Erythrura prasina
bondol hijau koleksi pawiro bird farm

 

bondol hijau anakan

  

Burung ini sering juga disebut bondol hijau. burung indah ini asli dari bumi nusantara tapi juga bisa ditemui dikawasan asia lainnya seperti Malaysia, Brunei, Kamboja, Laos, Burma, dan Thailand. Hidup disekitaran pegunungan yang ada lembah-lembah secara koloni. Berwarna hijau dada merah dan berkepala biru, mirip mirip jenis gould amadine, bahkan beberapa data menyebutkan bisa dikawin silangkan dengan gould amadine.
Burung pintail parrot finch bertelor 2 s/d 6 butir, masa inkbasi 16 hari, anakan pintail parrot finch belajar mandiri umur 30hari, dan sebaiknya dipisah dari induknya setelah benar benar mandiri atau diatas 45hari dari menetas. extra fooding/pakan tambahan buat anakan gelathik madrim/pintail parrot finch bisa diberikan jagung muda, telor rebus, dan rajangan kecambah touge.

6.pinstat / shaft tail / Poephila acuticauda
pinstat koleksi pawiro bird farm
shaft tail atau burung pinstat
anakan shaft tail hasil breeding pawiro bird farm
 
Burung emprit jenis pinstat/shaft tail hidup secara berpasangan dalam koloni, jantan dan betina bersama sama dalam membuat sarang dan mengasuh anakan.
Burung pinstat/shaft tail bertelor 4 s/d 8 butir, masa inkubasi/mengerami 16hari, anakan pinstat keluar sarang dan belajar mandiri umur 28hari, bisa dipisahkan dari indukan setelah umur 45hari.  extra fooding/pakan tambahan buat anakan pinstat bisa diberikan jagung muda, telor rebus, dan rajangan kecambah touge, dan ulat kandang/ulat hongkong kecil.

7.star finch / Neochmia ruficauda
star finch koleksi pawiro bird farm
star finch
star finch siap dijodohkan
 
Burung bermuka merah dan bermotif berbintik bintik seperti tebaran bintang diangkasa ini sedikit lebih kecil dibanding jenis pinstat. Bertelor sekitar 4 s/d 6butir, masa inkubasi 14hari, anakan bisa disapih setelah umur diatas 1bulan/30hari, dan siap dikawinkan atau matang kelamin setelah umur 5bulan. Extra fooding bisa dikasih jagung muda, oyong muda/sayuran gambas, dan ulat kadang/ulat hongkong kecil.
8.strowberry finch/Red avadavat/ Amandava amandava.
Burung strawberry finch merah merupakan burung yang masih mudah kita jumpai di Indonesia disekitaran dataran rendah yang berawa-rawa. Burung ini lebih kecil lagi ukurannya dengan burung starfinch, burung ini asli asia. Dijawa dikenal dengan nama emprit geni. Jumlah telor  2 s/d 6 butir, masa inkubasi 14hari, anakan bisa disapih setelah umur 40hari.

8.strowberry finch / Red avadavat  / Amandava amandava
foto strowberry finch (foto oleh google)
Burung strawberry finch merah merupakan burung yang masih mudah kita jumpai di Indonesia disekitaran dataran rendah yang berawa-rawa. Burung ini lebih kecil lagi ukurannya dengan burung starfinch, burung ini asli asia. Dijawa dikenal dengan nama emprit geni. Jumlah telor  2 s/d 6 butir, masa inkubasi 14hari, anakan bisa disapih setelah umur 40hari.
9. Cut-throat finch / Amadina fasciata
cut throat kepala merah (foto oleh google)

cut throat leher merah (foto oleh google)
 
Dalam beternak, burung Cut throat finch tergolong burung finch yang mudah/rajin betelor, dan mudah jinak, hanya saja kurang rajin mengeram, kadang perlu di foster/dibabukan ke burung lain.
Jenis cut throat finch minimal ada 2jenis yang berleher merah dan kepala merah. Burung ini membangun sarangnya bersama sama jantan dan betina, mengerami juga bergantian. Sampai mengasuh anakan dilakukan bergantian. Jumlah telor 4 s/d 8butir, masa inkubasi 14 hari, dan anakan mulai mandiri umur 45hari. Untuk pakan tambahan selain tepung roti bisa ditambahkan ulat kandang/ulat hongkong kecil.

10.owl finch / Taeniopygia bichenovii
Burung finch mirip motifnya dengan burung hantu ini membangun sarangnya secara bersama sama jantan 
dan betina, jumlah telor 2 s/d 6butir, masa inkubasi 14hari. Dan anakan mulai mandiri umur 30hari. Extra fooding atau pakan tambahan bisa diberikan tepung roti dan campuran telor rebus.
semua jenis finch hasil breedingnya selalu banyak yang order

jagung muda bisa buat extra fooding burung burung finch






 alamat farm: 

KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati se indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus
10 jenis finch yang paling sering dicari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

No comments:

Post a Comment