kunjungan ke peternakan merpati hias milik dr.achirudin timora



Silahturahmi memperpanjang rezeki, hobi jalan jalan di sesama peternak selain ikut ngangsu kaweruh/menimba ilmu, juga sebagai sarana pikenik dan refresing, kali ini kami mengunjungi sahabat lama kami yaitu seorang dokter di magelang, dr.achirudin timora.

dr.achirudin timora-merpati hias magelang

Disela sela kesibukannya dinas di rumah sakit PKU Muhammadiyah temanggung, om dokter ini masih meluangkan waktu untuk mengurusi klangenannya berupa merpati hias.
Merpati hias dengan berbagai varian dan jenisnya ternyata mampu menjadikan sumber inspirasi dan pelepas lelah setelah seharian bekerja, melihat proses berkembang biak, mengamati indukan mengasuh anakan, it’s amazing, semua keletihan hilang seketika melihat hewan klangenan ini. 

Soal pemasaran hasil produksi om dokter ini tidak susah susah karena merpati hiasnya yang berjenis jacobine, gaditano, Lahore, wina, Indian fantail/kipas IF, American fantail/kipas AF, satinette dan beberapa jenis lainnya merupakan merpati yang berkualitas bagus sehingga hasil produksinya selalu dinantikan konsumen, bahkan sampai di inden oleh beberapa penggemar lainya.

Ditempat om dokter achirudin tidak semua hasil budidayanya dijual keluar, sebagian buat regenerasi, terutama hasil anakan yang terlihat berkualitas dan bagus, maklum katanya “saya tidak sekedar mengejar keuntungan di merpati hias ini, tapi saya lebih cenderung hobi, walau dengan budidaya merpati hias ini saya sudah untung besar”

Soal perawatan juga tidak terlalu menyita waktu, karena om dokter achirudin  hanya mengkandangkan indukan indukan yang bener bener sudah mau produksi lancar, yang lainnya diumbar bebas selayaknya merpati gaburan. Dengan diumbar seperti ini kesehatan merpati akan lebih fit, tidak mudah terserang penyakit, dan nafsu bersaing untuk makan juga tinggi sehingga merpati terlihat gempal dan gemuk.  

Mulai melimpahnya jenis jenis merpati hias dipasaran, kita sebagai penghobi malah semakin diuntungkan, dimana pilihan lebih banyak dan tentunya harga juga lebih terjangkau, namun tetap mempertimbangkan kualitas dan arah tujuan breeding merpati hias ini. Om dokter achirudin juga menanggapi positif dengan maraknya peredaran merpati hias dipasar, justru dengan demikian menandakan merpati hias sudah mulai merakyat, semua orang akan tahu jenis jenis merpati hias yang bagus bagus ini, sudah mulai bisa diterima pasar umum, tidak eklusif lagi. Kalau masyarakat sudah pada kenal tinggal mensosialisikan merpati hias yang berkualitas seperti ini (om dokter sambil menunjukan merpati gaditano koleksinya yang super mantap itu), tentunya harga juga diatas harga yang biasa biasa tadi. 

Om dokter achirudin menyampaikan pesan “pilihlah merpati hias yang benar benar berkualitas untuk dibudidayakan, terserah jenisnya apasaja, semua masih prospek menguntungkan, yang kualitas biasa biasa saja masih untung lumayan,  apalagi yang benar benar berkualitas”

Begitu obrolan terakir sebelum kami pamitan menuju jogja, sebuah pencerahan bagi kami untuk terus konsisten dan serius dalam budidaya ini, konsisten juga dalam agenda agenda silaturahmi yang benar benar memperluas rezeki, baik rezeki ilmu yang luas dan tentunya juga rezeki lainya berupa materi. Setelah itu kami dapat orderan tempat pakan anti tumpah buat merpati merpatinya om dokter, ahlamdulillah.. terimakasih om dokter…  
wina koleksi om dokter achirudin

om dokter tetap menyempatkan diri selalu mengecek kandang


alamat farm: 
KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati, finch, dove keseluruh  indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus


kunjungan ke peternakan merpati hias milik dr.achirudin timora Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

No comments:

Post a Comment