Burung kecil yang membesar



Burung kecil yang membesar..?

Burung kecil yang harganya mulai membesar ini adalah burung pleci sikacamata atau Zosteropidae, semenjak gantangan kelas kusus burung pleci dibuka, antusias dari para kicau mania juga menyambut gegapgempita kelas ini…. Xi xi xi xi xi MERDEKA… ( malah koyo liputan kemerdekaan wae pakai gegap gempita barang?)
kontes PCMI piala walikota magelang

Apalagi dengan makin matangnya organisasi PCMI pleci mania Indonesia,  dengan adanya cabang disetiap wilayah kota dan kabupaten dengan sebutan chapter. sehingga kontes dan kontes baik sekala latber dan kontes nasionalpun mulai digelar ditiap tiap kota.
keakraban anggota PCMI

kontestan PCMI


peserta kontes PCMI
 
Tentunya perkembangan baik seperti ini selalu menimbulkan dampak positif dan negative, dimana seiring dengan ramainya kebutuhan burung pleci bakalan hutan menimbulkan penangkapan besar besaran di alam, dan tidak jarang beberapa diantaranya mati baik dalam penampungan dipengepul, dipedagang dan bahkan sampai ditangan penghobinyapun tidak sedikit yang mati karena kurang pahamnya pengetahuan dan perawatan tentang burung pleci. Kekawatiran dari berbagai pihak tentunya kalau hal ini terus menerus akan terjadi, keseimbangan ekosistem akan terganggu,  bisa mengakibatkan penyebaran bibit tanaman dan penyerbukannya terganggu, bahkan bisa menjadikan merebaknya wabah semacam serangan serangga tomcat masuk kepemukiman masyarakat. Karena tidak sedikit jenis jenis serangga akan tertanggulangi jumlah populasinya ketika hewan liar dihutan dan pekarangan tetap terjaga kelestariannya.

Sedang dampak positifnya tentu juga ada, baik dari sekala industry sangkar, produksi pakan pabrikan, obat obatan, dan segala uborampenya tentang sarana prasarana per-pleci-an.   hal ini turut menghidupkan sendi sendi perekonomian rakyat, di PCMI lahir Program Gerakan Ekonomi Modal Usaha Komunitas, GEMUK PCMI berupa Vitamin dan Sangkar, dari komunitas untuk komunitas. Disamping itu juga industry industry pendukungnya akan ikut terus tumbuh bersama dengan makin memasyarakatnya hobi kicauan burung pleci ini. 
industri pendukung akan terus ikut berkembang seiring perkembangan hobi

dari anggota untuk anggota
sangkar karya komunitas siap dipasarkan, dari anggota untuk anggota

pemikiran yang sitimewa (istimewa nding) yang ahkirnya muncul diantara para penghobi burung pleci ini, bahwasanya supaya populasi burung pleci dialam tetap nyaman pada habitatnya namun juga hobi klangenan burung pleci tetaplah jalan, Dengan digiatkan divisi konservasi ditiap chapter, beberapa chapter sudah sukses breeding menangkarkan pleci. Solo, jogja, magelang, kendal, wonogiri sudah berhasil. bahkan diantaranya sudah menjadi juara. di PCMI hal seperti ini bukan lagi gagasan dan impian budidaya pleci, tapi sudah menjadi langkah nyata, yang menjadikan komunitas PCMI diacungi jempol lima(5) saking salutnya jempolnya nganti kurang…xi xi xi xi xi. 
sepasang burung pleci dalam penangkaran-foto dokumentasi PCMI

penangkaran burung pleci-PCMI chapter magelang

burung pleci mulai berproduksi-foto dokumentasi PCMI

piyikan burung pleci-foto dokumentasi PCMI chapter magelang

burung pleci-foto dari komunitas PCMI

piyikan burung pleci-foto dari bp Ariyanto mertoyudan magelang
burung pleci bersama piyikannya, hasil breeding bp Ariyanto mertoyudan magelang

piyikan burung pleci belajar mandiri-foto dari komunitas PCMI

piyikan burung pleci-foto dari komunitas PCMI chapter magelang
 
Keberhasilan budidaya burung pleci ini juga ahkirnya ikut mendongkrak  nilai jual burung pleci, bahkan dengan identitas ring menjadikan burung pleci hasil tangkaran harganya bisa puluhan kalilipat dibanding  hasil tangkapan hutan, hal ini sejalan dengan cita cita para breeder lainnya yangmenginginkan perdangangan dan syarat kontes burung harus memakai identitasternakan, minimal memakai ring sebagai salahsatu  buktinya.

Dengan diorbitkanya burung burung hasil tangkaran untuk turun dikontes sedikit demi sedikit hal ini akan memacu antusias breeding dikomunitasnya. ditambah dengan keberhasilan menyabet juara, permintaan anakan burung pleci hasil ternakan akan meningkat tajam. Sesuatu yang hobi yang bila dikelola dengan baik akan tetap ikut menjaga kesetabilan ekosistem alam tetap terjaga dan ekosistem keluarga juga lancar…  he he he he..bahasan terakir ekosistem atau ekonomi keluarga hya?...
Pokomen begitulah… sukses selalu untuk rekan rekan di PCMI dan anggotanya, salam lestari dan selamat berjuang
  
Susunan pengurus PCMI periode 2015 s/d 2017
Penasehat om Agung budiman  Irvan Sadewa.
Pembina Didik kristiawan.
Ketua umum Macarius sukotjo.
Sekretaris Ansori budi cahyana.
Bendahara Sidik prabowo.
Ketua bidang organisasi (menunggu dilantik ).
Ketua bidang usaha Danny Raka Novas (menunggu dilantik).
Ketua bidang EO lomba Cahyono (menunggu dilantik ).
Ketua divisi konservasi (menunggu dilantik)

sekretaris dan ketua umum  PCMI periode 2015/2017





alamat farm: 
KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati, finch, dove keseluruh  indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus



Burung kecil yang membesar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

No comments:

Post a Comment