merpati jawa sungut vs merpati pos



Merpati jawa sungut vs merpati pos?

Merpati jawa sungut vs merpati pos? dalam adu kecepatan jelas merpati pos lebih cepat, dalam adu jarak tempuh juga jelas merpati pos menempati jarak tempuh terjauh dibanding merpati jenis apapun. Soal merpati jawa sungut bisa terbang tingi kelip, merpati pos juga lebih jago, dimana dia (merpati pos) lebih paham kapan mau terbang tinggi, mau terbang rendah, mau terbang cepat, sesuai instingnya, sesuai kondisi cuaca dan kondisi kenyamanan merpati pos itu sendiri. Tak ada data yang pernah menyebutkan merpati jawa sungut lebih unggul dari semua itu.

foto merpati jawa sungut

foto contoh merpati jawa sungut
Entah mengapa ketika makin semarak dan meramainya budidaya merpati jenis apapun saat ini, sehingga merpati jawa sungut begitu semenariknya untuk dibahas.

yang konon merpati jawa sungut merupakan merpati berdaya ingat kuat seakan merpati posnya jawa. Itu masih ceritanya kakek buyut dan para pendahulu kita saat itu yang hanya kita ketahui lewat cerita cerita beliau. Kini kita coba test beberapa merpati jawa sungut ternyata juga tak sehebat itu. Bahkan untuk pindah tangan juga sebegitu mudahnya dirumahkan ditempat baru.

Konon juga merpati jawa sungut bisa terbang malam, kususnya di malam malam purnama/terang bulan, ini juga masih cerita dari pinisepuh dan sesepuhnya merpati kala itu. Setelah beberapa rekan mencoba hanya sedikit yang benar benar bisa langsung menuju kandang malam itu juga, tidak sedikit yang langsung nyungsep didepan mata, tak berdaya dan tak mampu melihat, bahkan ketika didekati tidak ada reaksi bahwa merpati tadi mengetahui kehadiran seseorang yang mau menangkapnya. Mungkin memang kualitas merpati jawa sungut saat ini tidak sebagus merpati jawa sungut kala itu, bisa juga karena saat ini kondisi alam berbeda dengan waktu itu yang tidak banyak gedung dan penerangannya masih minim sehingga merpati jawa sungut lebih mudah memetakan letak posisi kandangnya.

Ya… begitulah merpati jawa sungut saat ini, walau tidak ada data yang menyebutkan bahwa merpati jawa sungut begini dan begitu, hanya berupa cerita dan cerita saja. lantaskah merpati local ini kita masukan kepenggorengan saja? Oke gak papa deh…kita masukan penggorengan saja, tapi bukan artian sesungguhnya, tapi dalam artian penggorengan digarap, dibreeding ulang. Tetap bersama sama mencari bibit bibit unggul terseleksi untuk mencoba mewujudkan cerita cerita lama itu kembali hadir dan nyata, yakin merpati jawa sungut kala itu memang lebih hebat dibanding merpati jawa sungutnya yang sekarang ada, walau memang tidak sehebat merpati pos. tidak sekedar terbang dan kehabatannya saja yang semestinya kita olah/kita goreng dalam menu seleksi breeding. Namun juga tetap pada ciri original fisik yang unik, dan tetap menggali cerita dan peran sertanya dalam perjuangan dan sejarahnya negeri ini. ( peran serta merpati jawa sungut sebagai pengirim berita dari telik sandinya kerajaan mataram, akan coba kami tulis pada tulisan lain). Sebuah kebanggaan untuk tetap bisa melestarikan merpati merpati unik aseli negeri ini.

alamat farm: 
KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati, finch, dove keseluruh  indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus

merpati jawa sungut vs merpati pos Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

1 comment:

Post a Comment