merpati lokal jenis kupu kupu si kucir iplik



merpati kupu kupu koleksi pawiro bird farm



merpati kupu kupu koleksi pawiro bird farm




Merpati kucir iplik adalah sebutan lain untuk jenis merpati kupu kupu, merpati ini merupakan jenis merpati asli Indonesia,  dahulunya merpati ini banyak dipelihara di desa desa, sebagai binatang ternak sepertihalnya jenis unggas lainnya, yang akan berfungsi sebagai hewan hobi dan konsumsi, sebagian orang juga menjadikannya sebagai binatang klangenan yang sangat disayang sayang  dan dipelihara secara terawat, sebagian lain malah diliarkan dalam artian kurang perawatan, dan mudah sekali dijumpai pada tiap tempat tempat penggilingan padi di desa desa.



cirikas merpati kupu kupu ekornya mekar bila dipegang


merpati lokal jenis kupu kupu koleksi pawiro bird farm


bentuk kepala dan paruh merpati kupu kupu


merpati kupu kupu si kucir iplik


merpati kupu kupu koleksi pawiro bird farm


merpati kupu kupu koleksi pawiro bird farm


merpati kupu kupu


merpati kupu kupu warna putih koleksi pawiro bird farm


penangkaran merpati kupu kupu di pawiro bird farm


breeding merpati kupu kupu di pawiro bird farm


pola mbathik pada ekor merpati kupu kupu


sayap pada merpati kupu kupu


Waktu itu merpati kupu kupu ini dipandang sebelah mata, dianggap merpati potong/pedaging saja, karena waktu itu merpati tomprangan baru nge-hit, ngetrend maksutnya. Jadi merpati yang tidak mempunyai kecepatan terbang seperti jenis merpati kupu kupu ini tidak laku dipasaran, dan ahkirnya jarang dibudidayakan, hanya sebagian orang yang memang sudah nggathok/hobi sampai kehati saja yang mau melestarikannya. silahkan joint group face book IEPC indonesian endemic pigeon community untuk komunitas merpati lokal


Sedikit demi sedikit jenis merpati kupu kupu ini menghilang, di pasar pasar tradisional yang dahulunya didominasi jenis merpati kupu kupu/kucir iplik mulai berganti dengan bursa merpati jenis tomprangan, ditunjang dengan kebutuhan merpati pedaging yang selalu dipasok dari jenis merpati kupu kupu ini, mengakibatkan kelangkaan dan sulit mencari jenis merpati kupu kupu. hingga akhirnya saat ini sangat sulit mencari jenis merpati kupu kupu yang masih original dengan kualitas seperti dahulu itu.

Sebetulnya jenis merpati ini mempunyai keunikan sendiri, jenis merpati kupu kupu ini mempunyai kemampuan terbang berjam-jam lamanya tanpa henti atau istirahat, terbangnya sangat pelan hingga ada yang menyebutnya kucir iplik, mungkin bisa disebut terbang statis karena bisa dikata terbang ditempat/mancer, bahkan kalaupun bergeser kekanan dan kekiri, naik turun bersamaan dengan rombongan terbangnya menjadikan tontonan yang sangat menarik, sebuah kolaborasi dan formasi yang sungguh indah dipandang. sample terbang merpati kupu kupu ketika dicampur dengan jenis lain, silahkan klik disini.

merpati kupu kupu dipawiro bird farm


merpati kupu kupu


Merpati local Indonesia jenis merpati kupu kupu ini juga telah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia, dari seni pagupon, seni terbang, komunitas penggemar dalam tradisi arisan yang menjadikannya pemersatu antar warga, jual beli ditingkat pasar pasar tradisional, hingga menghidupkan sendi sendi perekonomian tingkat daerah, dan menjalin kerukunan antar warga.

model pagupon merpati kupu kupu

model pagupon pada merpati kupu kupu


gotongroyong dalam hobi merpati

pagupon merpati kupu kupu


pagupon merpati kupu kupu

untuk pemilihan jenis merpati kupu kupu yang bagus silahkan klik DISINI
Inilah indonesiaku dengan berbagai ragam seni dan budayanya, merpati kupu kupu si kucir iplik ini telah ikut andil didalamnya.


pasar njodog, kabupaten bantul, jogjakarta
para pelestari merpati kupu kupu

alamat farm: 
KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman merpati, finch, dove keseluruh  indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus






merpati lokal jenis kupu kupu si kucir iplik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pawirobirdfarm

3 comments:

Unknown said...

Kulo nggh bantul

Unknown said...

Se putih sepasang pinteƱ hargane

Anonymous said...

FIBER– This term usually refers to thin fibers of glass which are used to strengthen each thermoplastic and thermosetting materials. One-inch lengthy fibers are occasionally used, however the more commonly used fiber lengths are 1/2″ and 1/4″ or much less. CYCLE– The full repeating sequence of operations in a course of or half of} a course of. In molding, the precision machining cycle time is the interval or elapsed time between a sure point in a single cycle and the identical point in the next. CENTER GATED MOLD– An injection or transfer mould whereby the cavity is filled with molding material by way of a sprue or gate instantly into the middle of the half.

Post a Comment