memperbanyak anakan burung gould amadine dengan sistem babuan




Burung gould amadine / Erythrura gouldiae  merupakan burung pipit yang warna warnanya paling menarik,  kobinasi hijau, kuning, putih, biru, ungu, orange, silver, hitam, bahkan abu abu, sampai putih albino dan blorok. Maka tidak heran keberadaan jenis pipit hias ini di indonesia cukup menyedot perhatian para finch mania (penggemar burung pipit).  gould amadine atau ada yang meyebutnya rainbow finch atau pipit pelangi, burung ini mulai berkembang biak setelah umur 6bulan. jantan dan betina bersama sama menyusun sarang, dan ketika betina bertelor, cara mengerami juga saling bergantian jantan betina, jumlah telornya 4 s/d 8 butir, masa inkubasi 14hari,  piyikan mulai mandiri dan siap dipisah umur 45hari.


burung gould amadine di peternakan pawiro bird farm

calon indukan gould amadine


emprit jepang calon babuan


jenis gelatik juga bisa dijadikan babuan burung gould amadine

calon indukan gould amadine


burung gould amadine koleksi pawirobirdfarm

anakan anakan burung gould amadine siap jual

burung zebra finch juga bisa digunakan sebagai babuan

Dengan harga yang sebetulnya lumayan buat para peternak, dan bisa menjadikan tambahan pemasukan yang cukup lumayan pula buat kita yang mau serius budidaya pipit hias jenis ini. maka tidak jarang para peternak berusaha meningkatkan jumlah produktifitasnya.

panenan gould amadine di peternakan pawirobirdfarm

Burung pipit hias ini sebetulnya bukan burung yang sulit dibudidayakan dan malah tergolong mudah di biakan, bahkan bisa diperbanyak anakannya dengan sistem foster/induk asuh ( sistem babuan), atau menitipkan telor burung gould amadine ke jenis pipit lain, untuk jenis pipit yang biasa di gunakan sebagai babuan adalah emprit jepang/bengalis, walaupun ada yang menggunakan babuan dengan gelatik maupun zebra finch. 


pilih calon babuan yang rajin merawat anakan


jenis pipit bathik holland


jenis emprit jepang putih koleksi pawiro bird farm

zebra finch sebagai babuan
 
emprit jepang sebagai babuan gould amadine

Berikut kiat sukses mempercepat produksi gould amadine dengan sistem babuan (menggunakan induk asuh);
1, pilih babuan induk asuh yang rajin mengeram dan rajin merawat anakan,  satu indukan gould amadine bisa disiapkan babuan 3 sampai 5 pasang indukan babuan.
2, gunakan sarang dan sangkar gould amadine sesimple mungkin tapi tetap memenuhi aspek ideal breeding, sangkar bisa menggunakan sangkar besi maupun sangkar kayu dan bambu, ukuran minimal 40cm persegi, dan letakan sarang semudah mungkin untuk selalu kita cek, hal ini juga memudahkan kita untuk memindah telor telor gould amadine ke sarang babuan/foster.
3, pilih sangkar dan sarang calon indukan babuan juga seperti yang di gunakan indukan gould amadine, hal ini guna memudahkan memantau perkembangan anak-anakan gould amadine dikelak kemudian hari.
4, pilih indukan/calon indukan gould amdine yang sehat, lincah, dengan warna warna menarik.


stock calon indukan gould amadine di kandang pawirobirdfarm

calon indukan gould amadine
Setelah menyiapkan indukan gould amadine, seyogyanya calon indukan babuan juga sudah siap dahulu. Jangan kawatir kalau babuan sudah bertelor dahulu tapi indukan gould amadine belum kunjung bertelor, biarkan telor telor dari indukan babuan tadi di tetap erami, karena burung pipit punya teloransi mengeram sampai 4harian, toh kalau sudah menjelang menetas, ternyata telor telor dari gould amadine juga belum siap, biarkan saja telor dari babuan tadi sampai menetas dan biarkan sampai dewasa. Dengan menyiapkan babuan lebih dari satu, kita akan lebih mudah mengepaskan/memindahkan telor telor gould amadine yang pas bareng bertelor dengan calon indukan babuan.

babuan menggunakan emprit jepang

emprit jepang buat babuan gould amadine

babuan emprit jepang

Indukan gould amadine yang sudah mulai bertelor jangan langsung diambil telor telornya, biarkan sampai benar benar telor terakir diperiode itu keluar semua, yang ditandai indukan jarang keluar sarang untuk mengeram, saat itu baru bisa dipindahkan telor telor tersebut ke calon indukan babuan/foster, untuk jeda waktu gould amadine akan kembali lagi mulai bertelor sekitar 6harian, dan periode kedua bisa dipindahkan ke calon babuan yang kedua, hal ini bisa dilakukan sampai periode bertelor yang ke 3, dan usahakan periode yang ke 4 tetap di erami sendiri oleh indukan gould amadine, biar naluri mengerami dan mengasuh anakan tidak hilang, juga sebagai masa jeda bertelor, hal ini dilakukan untuk memperpanjang masa produktifitas indukan gould amadine.

anakan gould amadine siap dipasarkan

calon indukan gould amadine

Telor telor gould amadine tadi akan menetas setelah dierami selama 14hari, jangan lupa sediakan extrafooding buat indukan yang lagi mengasuh anakan, kami sarankan jagung muda dan telor puyuh rebus buat tambahan menunya.
Piyikan gould amadine mulai keluar sarang setelah umur 30 hari dan akan benar benar lepas sapih umur 45hari.

Selamat mencoba, dan sukses selalu…aamiin



 alamat farm: 

KANDANG 1, jalan parang tritis km 11, dsn mading gandekan rt 3, trirenggo, bantul, jogjakarta

KANDANG 2, jalan parang tritis km 11, dsn belukan sabdodadi, bantul, jogjakarta 

kontak person pawiro doro/ervan, +628122752987 (telp, sms/WA)

  mitra konsultasi,pengadakan perlengkapan ternak, tempat pakan merpati anti tumpah, sarang, kandang knockdown, jamu dan obat-obatan

melayani pengiriman finch, merpati, dan dove se indonesia, via kereta, pesawat udara, titip travel dan bus


memperbanyak anakan burung gould amadine dengan sistem babuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pawiro Doro

No comments:

Post a Comment